≡ Menu

Hebatnya Kawasaki W175 bisa Dimodif Retro Bahkan Chopper

kawasaki w175

Motor Kawasaki W175 memang sudah gak ragu lagi dikenal memiliki ruang dan bodi untuk bisa dimodifikasi sesuai selera, terutama dengan gaya Retro.

Boleh dibilang, mau gaya Café Racer, Klasik, Scrambler, Tracker bahkan Bobber, Anda bisa berimajinasi penuh tanpa batas jika dihadapkan pada motor ini.

Tak ketinggalan, Kawasaki Indonesia selaku agen penjualan motor Kawasaki di Indonesia memberikan order spesial termasuk tantangan bagi salah satu bengkel modifikasi, Katros Garage.

Dalam hal ini pesanan khusus yang diberikan untuk Katros Garage, diwakili oleh Andi “Atenk” Akbat akan diserahkan motor W175 untuk dimodifikasi dengan gaya Chopper.

Tentu saja hal tersebut termasuk mudah bagi Atenk dan tim di dalam menyanggupi proyek ini. Pasalnya mereka sudah cukup piawai dalam membuat beberapa hasil karya kawasaki W175 dengan beragam aliran.

Maka itu, Atenk berujar bahwa perubahan dalam rangka menjalankan tantangan dari PT Kawasaki ini bisa dibilang cukup simpel, walaupun sebenarnya harus mengubah sasis agar bisa mendapatkan gaya chopper yang kental.

Dia menjelaskan, jika memodifikasi ke gaya motor Chopper maka ubahannya cenderung lebih ke detilnya. Terutama pada bagian bodi bisa saja cukup bikin tangki, sepatbor belakang dan bodi samping.

Untuk sisanya hanya tinggal dirombak dari yang ada saja, imbuh seorang pria yang juga hobi ngevlog ini.

“Sisanya tinggal ngerombak yang ada saja,” ujar builder yang doyan ngevlog ini.

Katros Garage yang berlokasi di Jalan Cempaka I no. 2 daerah Ciputat Timur Tangsl ini diawaki oleh Atenk bersama kru nya merupakan tempat dimana mereka berjibaku untuk memulai pemangkasan sasis bawah Kawasaki W175.

Adapun sasis yang dibuat baru memakai pipa ukuran 7/8 inci yang dilakukan guna memperoleh drop seat ciri khusus dari aliran Chopper.

Dari sisi joknya pun didesain ulang sekaligus mempercayakan kulit sintetis keluaran Mbtech. Setelah semua nya dirasa oke, pengerjaan lanjut ke bagian kaki-kaki sepeda motor.

Khusus bagian kaki, terutama bagian pelek nya diubah dari 17 inci masing-masing belakang depan menjadi 19 inci depan dan 18 inci belakang, sehingga tampilan jadi gahar mendongak.

Menurut Atenk lagi sengaja tidak dipakai ukuran pelek 21 inci, seperti kebanyakan Chopper lainnya karena ukuran W175 yang kecil, jadi 19 inci sudah cukup kalo dipaksakan akan kebesaran, pungkasnya.

Akibat pelek yang besar, otomtis roda khususnya yang dibelakang pun harus menyesuaikan besarnya sehingga diperlukan swing arm yang lebih panjang agar bisa masuk dengan nyaman. Pada kasus Kawasaki W175 ini ditambahin panjang 5 cm memakai besi.

Kemudian guna meredam getaran dari roda belakang yang sudah membesar tersebut dipakailah suspensi Ride It, dengan suspensi depan dibiarkan menggunakan bawaan pabrik Kawasaki.

Sekarang menuju ke bodi, dimana proses pembuatan ulang pada bodi sampiing yang memakai pelat galvanis dengan ketebalan 1,2 mm. Kemudian tangki serta sepatbor belakang pun didesain ulang.

Sebagai salah satu ciri paling khas dari motor gaya Chopper adalah setang model ape hanger yang dicustom oleh Atenk dari setang motor honda lawas, sayang dia lupa nama dan tipe motornya..

Dari sisi tampilan yang detil seperti headlamp ukuran 4 inci bulat, termasuk juga spidometer yang ukurannya lebih kecil dari bawaan pabrik. Selanjutnya stoplamp yang manis di atas dudukan plat nomor modifikasi, letaknya di swing arm kiri.

Untuk mesin, Atenk membiarkan standar saja cuman knalpot yang ganti full system hasil karya Katros Garage dengan bahan stainless steel dan di las model “cacing”

Btw, baca juga informasi mengenai motor chopper tanpa mesin!

chopperland kawasaki w175

Semua proses pengerjaan hingga selesai diperlukan waktu sebulan. Atenk menutup pembicaraan dengan mengatakan bahwa Kawasaki mau membuktikan bahwa motor ciptaan nya dapat dimodifikasi ke aliran apa saja. Keren ya!


{ 0 comments… add one }

Leave a Comment