≡ Menu

Riwayat Motor Aliran Chopper dan Jatuh Bangunnya

sejarah motor bobber klasik

Tahukah Anda? Sebelum adanya perkembangan motor chopper yang saat ini semakin pesat perkembangan peminatnya, ternyata ada era lain terlebih dulu yang booming, namanya “bobber”.

Bobber sendiri merujuk pada asal kata “bobbed” yang berarti menanggalkan sebagian besar dari bobot motor agar lebih ringan.

Hal yang jamak dilakukan untuk memangkas berat motor adalah dengan cara memotong bahkan melepas fender belakan dan depan, dengan begitu penampilan motor akan lebih eye catching.

Seperti dilansir Motorcycle-USA, (21 Januari 2018), bobber ini merupakan aliran yang mengawali kemunculan modifikasi ala chopper di Amerika Serikat, sekaligus sebagai negara yang produksi motor legenda Harley Davidson (HD)

Cikal Bakal Lahirnya Chopper

Nah, awal mula terjadinya era chopper adalah ketika berakhirnya Perang Dunia II, banyak sekali kendaraan mobil termasuk motor keluaran HD yang masih berfungsi baik dengan kondisi bodi yang sudah usang.

Lalu para tentara yang dibantu mekaniknya merombak semua bodi, dilepas, dan dirombak sedemikian rupa mulai dari fender, saddle, lampu hingga engine guard supaya bisa lebih ringan dan memiliki laju yang cepat.

Melihat hal tersebut, masyarakat saat itu berkeinginan juga menunggangi motot HD namun di satu sisi juga masih kurang puas pada motor-motor tersebut.

Bagi mereka , motor dari Eropa memiliki bobot lebih ramping, ringan dan lebih asyik jika dikendarai.

Karena itu mereka menginginkan perubahan ekstrim dari sepeda motor yang tidak bisa diberikan oleh Harley Davidson. Mulailah modifikasi sendiri dengan pemotongan atau pelepasan bagian motor yang tidak diinginkan.

Nah, istilah pemangkasan seperti ini yang populer disebut “Chopper”

sejarah motor chopper

Adapun bagian yang kerap dilakukan perubahan selama era chopper adalah tangki bbm yang didesain lebih kecil, kemudian jok motor jadi “egois” single seater bahkan sampai memotong rangka sasis.

Belum rampung disitu, tampilan ban depan juga kerap dibuat lebih kecil dari ban belakang, kemudian lampu baik sein maupun lampu depan jadi minimalis. Tergantung kesukaan masing-masing orang pemilik motor ala chopper tersebut.

Saking populernya chopper juga menjadikan beberapa selebritis dan artis Holywood pun punya koleksi motor bergenre chopper dalam garasi mereka. Contohnya, John Travolta, Keanu Reaves, Brad Pitt, David Beckham dan masih banyak lainnya.

Perkembangan Motor Chopper di Indonesia

Mendunianya trending aliran Chopper saat itu terang saja membuat banyak bermunculan para modifikator yang selaras dengan tingginya permintaan. Hanya saja sempat turun trend nya karena lahir style baru lainnya pada motor, sehingga Chopper ini sempat terlupakan.

Nah, sekitar tahun 1990 an , mulai banyak pemilik sepeda bermotor yang melakukan modifikasi tunggangan mereka supaya mirip dengan jenis motor Chopper, sehingga pada akhirnya trending aliran ini pun mulai booming kembali.

Gelombang trend kali ini semakin luas ke seluruh penjuru dunia, termasuk negara Indonesia. Maka tak heran kala itu mulai banyak modifikator yang mendirikan bengkel model sepeda motor dengan gaya Chopper, salah satu diantaranya sangat terkenal hingga kini bernama Elders Garage.

Bengkel modifikasi Elders Garage ini termasuk cikal bakal modifikator gaya Chopper, terletak di bilangan Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Lebak Bulus Raya No. 58.

Berawal dari bengkel kecil yang hanya menyediakan servis biasa termasuk jasa tambal ban plus hobi yang kuat di bidang motor serta otomatif menjadikan Elders Garage sebagai bengkel yang cukup populer saat ini, bahkan presiden Jokowi pun membeli motor bergaya Chopper hasil karya bengkel ini.


{ 0 comments… add one }

Leave a Comment